Minggu, 12 Juni 2011

PARAGRAF


PARAGRAF

Definisi Paragraf
Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran.

Unsur-unsur paragraf
kalimat topik atau kalimat utama,
kalimat pengembang atau kalimat penjelas,
kalimat penegas,
kalimat, klausa, prosa dan penghubung

Fungsi utama paragraf
untuk menandai pembukaan atau awal ide/gagasan baru,
sebagai pengembangan lebih lanjut tentang ide sebelumnya,
sebagai penegasan terhadap gagasan yang diungkapkan terlebih dahulu.

Persyaratan Paragraf yang Baik
Kepaduan Paragraf
Untuk mencapai kepaduan, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah kemampuan merangkai kalimat sehingga bertalian menjadi logis dan padu. Ada dua jenis kata Penghubung, yaitu: Kata Penghubung Intrakalimat, dan Kata yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat. Contoh: karena, sehingga, tetapi, sedangkan, apabila, jika, maka, dll.
Kata Penghubung Antarkalimat
Kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan kalimat lainnya. Contoh: Yakni oleh karena itu, jadi, kemudian, namun, selanjutnya, bahkan, dll.
Kesatuan Paragraf
Adalah tiap paragraf mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama yang diletakkan di awal paragraf disebut paragraf deduktif, dan jika diletakkan di akhir kalimat disebut paragraf induktif.
Ciri-ciri pembuatan kalimat utama: Kalimat yang dibuat harus mengandung permasalahan yang dapat diperinci. Contoh: Rara Andhari adalah istri yang soleha, kalimat ini dapat dijelaskan lebih lanjut apa saja yang membuktikan bahwa Rara Andhari adalah seorang istri yang soleha.
Dapat dibuat lengkap dan berdiri sendiri tanpa memerlukan kata penghubung.
Kelengkapan Paragraf
Sebuah paragraf yang lengkap terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjuk pokok pikiran/ kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi penjelasan berupa rincian, keterangan, contoh, dll.. Kalimat penjelas berarti apabila dihubungkan dengan kalimat-kalimat di dalam paragraf, lalu kalimat penjelas sering memerlukan kalimat penghubung. Kelengkapan paragraf berhubungan dengan cara mengembangkan paragraf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar